Rabu, 17 Juli 2013

Install Wordpress Pada XAMPP

Kali ini saya akan mengulas tentang bagaimana cara install wordpress di localhost atau di komputer pribadi. Keunggulan cara ini, kamu tidak perlu memakai koneksi internet, artinya kamu akan membuat wordpress offline. Asalkan ada web server, maka kamu bisa ber-wordpress tanpa internet.
Perlu dicatat, pada tutorial ini saya memakai sistem operasi Windows 7 64 bit, kamu bisa menerapkan tutorial ini di windows XP atau OS windows sejenisnya.
Web server yang saya pakai adalah apache versi 2.xx. Cara mudahnya kamu bisa memakai XAMPP atau WAMP untuk menginstall apache web server. Di tutorial ini saya sendiri memakai XAMPP.

XAMPP adalah …

Sebelum menginstall wordpress di localhost, kita harus tahu apa itu XAMPP?, dan mengapa memakai XAMPP?.
Menurut wikipedia Indonesia:
XAMPP adalah perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program.
Fungsinya adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkanya dapat mendownload langsung dari web resminya.
Singkatnya, XAMPP memudahkan kita dalam menginstall aplikasi-aplikasi server. Sehingga kita tidak perlu menginstall software tersebut satu-persatu.
Alasan saya memakai XAMPP adalah karena kemudahan dan fungsinya yang banyak.
Kamu bisa download XAMPP di sini. Jika kamu bingung mendownload yang mana, saya sarankan kamu download yang ini: XAMPP. Saya asumsikan kamu memakai windows.

Step by Step Cara Install XAMPP

Langkah pertama dari tutorial install wordpress di localhost adalah menginstall XAMPP. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menginstall XAMPP di windows:
00 - Step by step cara install XAMPP
00 – Step by step cara install XAMPP

01 - Step by step cara install XAMPP
01 – Step by step cara install XAMPP

02 - Step by step cara install XAMPP
02 – Step by step cara install XAMPP

03 - Step by step cara install XAMPP
03 – Step by step cara install XAMPP
  1. Double click XAMPP yang telah kamu download. Lalu pilih bahasa apa yang ingin kamu pakai. Di sini saya memakai bahasa Inggris. Jika ada pop up klik Yes.
  2. Pada jendela petama klik Next.
  3. Di sini, sistem akan menanyakan alamat dimana kamu ingin menyimpan XAMPP. Saya sarankan biarkan saja secara default atau di C:\XAMPP. Klik Next.
  4. Langkah selanjutnya, kamu diminta untuk memilih aplikasi apa saja yang ingin kamu install. Centang semua plikasi. Klik next.
  5. Tunggu beberapa saat hingga instalasi selesai. Jika ada pop up muncul, klik Yes. Setelah sekesai klik finish.
Selamat, sedikit lagi sampai tahap install wordpress di localhost, sampai saat ini seharunya kamu tidak mempunyai masalah. Jika terdapat error pada cara install XAMPP di atas, kita bahas di page 2.

Error Setelah Install XAMPP

Terkadang, meskipun kita sudah sesuai prosedur menginstall XAMPP, tetapi masih aja ada error. Biasanya disebabkan oleh software lain yang memakai localhost juga. Untuk itu langkah pertama mengatasi error adalah, tutup semua aplikasi yang memakai localhost.
Kemungkinan besar, jika error ini tidak diselesaikan kita akan gagal membuat wordpress offline
Contoh aplikasi yang memakai localhost seperti WAMPP, apserv, HostIP, dll. Jika masih tidak bisa, uninstall software tersebut. Kamu harus uninstall software tersebut sampai ke root. Jika bingung, kamu bisa memakai software uninstall yang saya rekomendasikan.
Di bawah, adalah error yang saya alami ketika membuat tutorial ini. Jika kamu memakai skype, sebaiknya keluar dulu untuk sementara.
05 - Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline
05 – Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline

06 - Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline
06 – Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline

07 - Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline
07 – Error pada XAMPP sebelum Install WordPress Offline
  1. Setelah klik finish, terjadi error seperti ini. Jika ada pop up, klik Yes.
  2. Setelah selesai, kamu diminta untuk memilih apakah XAMPP langsung dinyalakan. Klik Yes.

Menghidupkan Apache Web Server di XAMPP

Untuk mulai menghidupkan apache, kamu tinggal klik ikon XAMPP yang ada desktop atau start menu windows kamu. Tetapi seharusnya XAMPP sudah menyala secara default karena tadi kita sudah setting opsi ini.
08 - Menghidupkan Apache
08 – Menghidupkan Apache

09 - Menghidupkan Apache
09 – Menghidupkan Apache

10 - Menghidupkan Apache
10 – Menghidupkan Apache
  1. Klik icon XAMPP di desktop atau di start menu.
  2. Pada Modules Services, centeng semua kecuali Mercury dan Tomcat. Setelah itu klik tombol start yang ada di sebelah kanannya.
  3. Jika ada pop up dari widows firewall, centeng “Private network, such as my home or work network
  4. Selamat, sampai sini seharusnya apache di PC kamu sudah hidup. Langkah selanjutnya adalah menginstall wordpress :).

Cara Install WordPress di Localhost

Sekarang saatnya kita membahas bagaimana cara menginstall wordpress di localhost komputer.
Jika kamu ingin mencoba langsung menginstall wordpress online di webhosting, kamu bisa mengikuti cara di bawah.
Untuk hosting, sejauh ini saya merekomendasikan Hostgator, Hawkhost, atau Site5. Jika ingin memilih web hosting lokal saya lebih merekomendasikan Masterweb.
Jika kamu belum yakin, saya sarankan kamu memakai hosting gratis dulu.

Membuat WordPress Offline di Komputer

Sebelum masuk menginstall wordpress, kita harus sudah menyiapkan terlebih dahulu sebuah database, ikuti langkah-langkah di bawah:
Cara Membuat Databases di XAMPP
01 - Cara Membuat Databases di XAMPP
01 – Cara Membuat Databases di XAMPP

03 - Cara Membuat Databases di XAMPP
03 – Cara Membuat Databases di XAMPP

04 - Cara Membuat Databases di XAMPP
04 – Cara Membuat Databases di XAMPP

05 - Cara Membuat Databases di XAMPP
05 – Cara Membuat Databases di XAMPP
  1. Sekarang, masuk ke browser. Ketikan http://localhost/phpmyadmin/. Lalu masuk pada menu Databases yang ada pada bagian paling atas.
  2. Pada bagian Create database masukan nama database yang ingin kamu buat. Di sini saya memakai nama myblog. Setalah itu klik tombol Create. Simpan nama database tadi pada notepad.
  3. Selanjutnya, klik databases yang baru kamu buat, kamu bisa menemukannya di bagian sebelah kiri.
  4. Setelah di klik, klik menu Privileges yang bisa kamu temukan di bagian atas.
  5. Lihat pada bagian new (bawah). Kemudian klik Add User.
  6. Sekarang, siapkan notepad yang tadi. Pada bagian username, isikan dengan nama kamu/bebas. Host, isi dengan localhost. Password, dengan password kamu. Selanjutnya simpan semua data yang telah kamu tulis tadi dalam notepad.
  7. Pada bagian Database for user biarkan secara default. Untuk bagian Global privileges, klik Check All. Untuk Resource limits, isi dengan 0 semua.
  8. Periksa lagi semua langkah, Lalu klik Add User.
Sampai di sini, kita sudah berhasil membuat satu databes dengan XAMPP. Selanjutnya kita akan menginstall databes tersebut untuk wordpress.
Cara Install WordPress di Localhost
01 - Cara Membuat Blog di Localhost
01 – Cara Membuat Blog di Localhost
02 - Cara Membuat Blog di Localhost
02 – Cara Membuat Blog di Localhost
03 - Cara Membuat Blog di Localhost
03 – Cara Membuat Blog di Localhost
04 - Cara Membuat Blog di Localhost
04 – Cara Membuat Blog di Localhost
05 - Cara Membuat Blog di Localhost
05 – Cara Membuat Blog di Localhost
06 - Cara Membuat Blog di Localhost
06 – Cara Membuat Blog di Localhost
07 - Cara Membuat Blog di Localhost
07 – Cara Membuat Blog di Localhost
08 - membuat wordpress offline
08 – membuat wordpress offline
  1. Download dahulu CMS wordpress dari wordpress.org. Pada saat tulisan ini dubuat saya memakai WordPress 3.4.2
  2. Selanjutnya, pindahkan wordpress yang sudah kamu download ke folder htdocs yang ada di dalam direktori xampp atau di C:\xampp\htdocs. Ekstrak di sana.Penting: Kamu akan mendapati sebuah folder yang bernama wordpress, kamu boleh mengganti namanya. Saya sendiri mengganti nama wordpress dengan myblogNantinya blog kamu akan bisa di akses dengan alamat http://localhost/myblog atau http://localhost/nama_folder_wordpress_tadi
  3. Setelah menyimpan semua data databases yang kamu buat tadi pada notepad, sekarang kita akan menggunakannya. Buka browser kamu lalu ketikan alamat wordpress yang sudah kamu simpan.Dalm hal ini saya membukanya di http://localhost/myblog.
  4. Klik Create Configuration File, lalu klik Let’s Go.
  5. Selanjutnya isi data yang diminta sesuai dengan data databases yang baru kamu buat. Untuk Table Prefix, biarkan secara default. Lalu klik submit.
  6. Jika muncul pesan “Error establishing a database connection“. Artinya data input tadi ada yang salah, biasanya karena tidak teliti user saat memasukan data databases.
  7. Jika berhasil, maka akan muncul pesan:All right sparky! You’ve made it through this part of the installation. WordPress can now communicate with your database. If you are ready, time now to…
Klik Run the install.
  1. Pada tahap ini, kamu diminta mengisikan data kamu, seperti nama, email, dan password untuk login ke blog yang di buat ini nanti. Isikan semua field. Lalu klik Install Wordpess.
  2. Jika berhasil kamu akan mendapatkan pesan“Success!, WordPress has been installed. Were you expecting more steps? Sorry to disappoint.”
  3. Selamat!! kamu sudah berhasil unstall wordress pada localhost. Dengan cara yang sama, cara ini bisa dipakai untuk install wordpress pada Web Hosting kamu.

Apa Selanjutnya?

Tahap ini kamu sudah berhasil/bisa intall wordpess pada localhost di PC kamu. Untuk mengakses blog wordpress yang baru kamu buat kamu tinggal mengunjugi url http://localhost/nama_folder_wordpress. Selanjutnya kamu bisa melkukan pengaturan-pengaturan dasar pada wordpress.
Jika ada kesulitan, atau kamu masih error dari cara install wordpress di localhost di atas, jangan sungkan untuk berkomentar. Saya dengan senang hati akan membantunya.
Jangan lupa subscribe untuk update selanjutnya, cara subscribe. Setelah posting install wordpress di localhost, saya akan melanjutkannya dengan post mengenai optimalisasi SEO untuk wordpress.
source:ngeblog.co

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar